Kamis, 25 Agustus 2016

Daerahku


REMBANG  
Kebudayaan   

Rembang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah lho guys yang mana berbatasan dengan kabupaten Pati yang ada di barat, berbatasan dengan kabupaten Tuban di sebelah timur, berbatasan dengan kabupaten Blora di sebelah selatan dan berbatasan dengan laut jawa di sebelah utara. Dengan ini Rembang disebut juga atau dikenal dengan sebutan Pantura (Pantai Utara).
Rembang memiliki keunikan tersendiri dari daerah lainya. Seperti kebudayaan yang dimiliki dari kabupaten tersebut adalah sedekah bumi. Yang mana setiap tahunnya selalu di adakan disetiap desa yang telah menjadi tradisinya. Sedekah bumi merupakan bentuk tradisi tradisional yang turun temurun coy dari nenek moyang terdahulu dan itu tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan masyarakat petani maupun nelayan. Maksud diadakannya tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat terhadap apa yang telah diperolehnya dibumi dari sang pencipta.
Dumbeg
Pada hari-hari itu masyarakat membuat makanan yang khas yaitu dumbeg yang mana makanan yang harus ada disetiap rumah warga. Dumbeg merupakan makanan yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan gula jawa yang telah dipanaskan lalu diaduk hingga merata. Kemudian di tuangkan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun kelapa yang digulung menyerupai terompet lalu baru dikukus. Selain dumbeg ada makanan khas lainnya yaitu nagasari, bugis, arem-arem dan lain-lainnya.
Didaerahku sendiri biasanya sedekah bumi dilaksanakan tepat pada hari kemerdekaan RI yaitu tanggal 17 Agustus. Pada hari itu diadakan acara ketoprak, dangdut, dan hiburan lainnya untuk memeriahkan acara Agustusan seperti panjat pinang, lomba makan krupuk, kelereng dan acara lain-lainya.

Makanan khas
Lontog Tuyuhan

Makanan khas daerah Rembang adalah lontong tuyuhan ya guys .warungnya ini berada di desa Tuyuhan kecamatan Pancur samping jalan raya tempatnya strategis bnget pokoknya. lontongnya ini sangat unik sekali, lontong biasanyakan bentuknya lonjong nah di Rembang beda guys ,lontonnya berbentuk segitiga. nah itu merupakan keunikan yang dimilikinya, tau enggk guys. banyak orang luar Rembang yang berdatangan untuk mencicipi mkanan khas tersebut.
      Ciri khas 
 Ciri khas yang dimiliki daerah rembang yaitu banyaknya show room batik di deretan jalan kota rembang. Batik di daerah Rembang menjdi kekhasan dari Rembang sendir. Bupati Rembang telah mengesahkan beberapa show room untuk pengoleksian batik tulis . Batik tulis yang terkenal didaeraha rembang adalah batik tulis lasem karna kenapa batinya dari kota lasem. maka di Lasem itu daerahnya dinmakan kamoung batik tulis. peluang ini dimanfaatkan orang di lasem untuk mendirikan sebuah usaha batik. hampir setiap penduduknya di lasem bekerja sebagai pembatik. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar